Setelah bersedih ria di ulasan mimin Kuroneko tentang 5 adegan paling memorable di anime movie Hotaru no Haka part 1, masih ada banyak loh adegan lain yang gak kalah menguras emosi, menguras air mata dan bikin baper. Emang Hotaru no Haka ini dibikin biar para penontonnya pada nangis. Mimin pun walau nonton ini lebih dari satu kali, tetep aja nangis sesenggrukan karena emang sebagus dah sesedih itu adegan-adegannya. Nah langsung aja yuk kita simak ulasan mimin Kuroneko soal adegan apa aja di anime movie Hotaru no Haka ini yang paling memorable. Cekiprot!

SETSUKO BERMAIN

Sitting in Quiet: Grave of the Fireflies and Isolation | by Tristan Ettleman | Medium

Keliatannya sih Setsuko seneng-seneng aja main sendirian atau bareng kakaknya di gua tempat mereka tinggal. Setsuko ketawa-ketawa selayaknya anak-anak yang lagi nikmatin waktu santai. Tapi ngeliat Setsuko main justru bikin hati tersayat. Seita dan Setsuko makan seadanya, bahkan Seita berani jadi maling buat dapet makan. Itu emang salah tapi kondisi yang bikin dia jadi kayak gitu. Pas lagi main pun, pas lagi ketawa-ketawa pun, para penonton gak bisa lupa gimana rasa nyesek yang dirasakan keika menonton Setsuko main.

SETSUKO KELAPARAN

Grave of the Fireflies | Ghibli Wiki | Fandom

Namanya pasca perang, logistik gak bisa setiap hari didapet. Kalo dapet pun ya pasti seadanya. Makin hari tubuh Setsuko makin kurus karena hampir gak makan. Gak hanya kurus aja. Setsuko juga kena diare dan gatal-gatal di seluruh tubuh karena mengenakan baju yang sama tiap hari. Dicuci pun hanya pake air dan bukan detergent, so pasti kuman bakteri tetep ada. Selain itu Setsuko juga kekurangan gizi dan nutrisi. Kata dokter sih harusnya Setsuko makan. Gimana mau makan, dapet bahan makanan aja ngga. Adegan Setsuko kelaparan ini bener-bener bikin gak tahan buat nangis.

Artikel terkait lainnya  5 ADEGAN PALING MEMORABLE DI KIMI NO NA WA
SETSUKO MENINGGAL

Grave of the Fireflies. How an animated film reduced me into a… | by Terry Mun | Medium

Kelaparan, kurang gizi, lingkungan kotor, diare, itu semua jelas bikin Setsuko menderita. Kian hari tubuhnya makin kurus, gak terawat, dan daya tahan tubuhnya lemah. Tinggal di sebuah gua yang dingin dan gak higienis jelas sangat mempengaruhi kesehatan Setsuko. Dia sampe mengigau memakan permen yang ternyata kelereng. Sebetulnya Seita berhasil mendapatkan makanan dan buah. Tapi ketika sampai di gua, Setsuko udah gak kuat lagi nahan lapar dan akhirnya meninggal dunia. Siapa yang naruh bawang di siniiiii??

SEITA MENINGGAL

Thoughts & Essays

Setelah Setsuko meninggal, mimin pikir Seita bisa dan mampu melanjutkan hidup. Paling ngga, dia cowok dan staminanya bisa lebih kuat dari Setsuko. Tapi emang yang namanya perang, pasca perang, gak semudah itu buat anak yatim piatu. Beberapa waktu setelah Setsuko meninggal, Seita pun menyusul, ditemukan tewas di pelataran stasiun kereta api diduga karena kelaparan dan sakit. Duuh Seitaaa kenapa kamu meninggal juga siiih?

SEITA DAN SETSUKO MEMANDANGI KOTA KOBE

Grave of the Fireflies | Anime Thoughts

Kini, kota Kobe udah bukan lagi kota yang porak poranda akibat perang. Di masa kini, kota Kobe adalah kota modern dengan lampu-lampu yang gemerlapan dan sangat terang. Satu adegan paling menyayat hati di Hotaru no Haka ada di sini. Arwah Seita dan Setsuko duduk di sebuah bangku taman menghadap kota, memandangi kota yang bersinar dan mereka gak bisa menikmati itu semua karena keduanya sudah meninggal. Sedih banget asli ini mah.

Artikel terkait lainnya  5 TOKOH ANIME YANG BENTUK RAMBUTNYA ANEH BANGET

Duh bener-bener sedih banget ini mah. Adegan paling memorable yang favorit banget buat mimin adalah ketika Setsuko meninggal dan ketika Seita dan Setsuko memandangi kota Kobe. Kalo kalian yang mana?

Silahkan Berkomentar :