Kali ini mimin mau ngetes minna ini. Kira-kira seberapa luas wawasan kalian tentang buah setan dalam serial One Piece. Langsung saja yuk cekidot.

Kategori Buah Setan

fakta buah iblis one piece

Gambar: Buah setan.

Ada buah setan alami, ada juga yang buatan. Sejauh ini buah setan alami terdapat tiga tipe, sedangkan buah setan buatan hanya sebatas pada satu tipe, yakni zoan.

Buah setan alamiah terdiri dari paramecia, logia, dan zoan. Paramecia, tipe buah setan yang memberikan kekuatan kepada pemiliknya tanpa memungkinkan mereka untuk berubah menjadi zat alam tertentu atau menjadi hewan buas.

Walaupun pada tahap tertentu pengguna ini akan terlihat seolah-olah memiliki dua tipe buah setan. Logia, dicirikan dengan kekuatan untuk menciptakan, mengontrol atau menjadi suatu zat alam atau kekuatan tertentu. Lalu Zoan ialah kekuatan buah setan yang memungkinkan untuk menjadi hewan buas, setengah hewat buas atau ketika suatu hewan memakan buah ini, justru mereka akan berubah menjadi manusia.

Sederhananya, ada yang punya kekuatan tapi tidak bisa berubah menjadi zat alam atau hewan (paramecia). Ada juga yang punya dan bisa berubah menjadi zat alam tapi tidak bisa berubah jadi hewan (logia). Lalu ada yang bisa berubah menjadi hewan dan punya kekuatan tapi tidak bisa berubah menjadi alam (zoan).

Sejauh ini hanya tiga kategori saja yang diperkenalkan oleh Oda-sensei. Mungkinkah di waktu mendatang kita disuguhkan tipe buah setan lainnya dengan kemunculan Tama Tama no Mi. Apakah buah ini termasuk dalam kelas paramecia atau zoan? Apakah memungkinkan memakan satu buah setan tetapi termasuk lebih dari satu kategori?

Kelemahan dari Memakan Buah Iblis

Ada yang bilang kalau buah iblis berasal dari kekuatan-kekuatan iblis laut. Makanya ketika sudah memakan buah ini, maka secara tidak langsung, kalian membuat diri kalian dibenci oleh laut. Kalian akan kehilangan keahlian berenang, dan ketika diikat dengan borgol dari Seastone (batu laut), kalian tidak akan bisa menggunakan kekuatan kalian. Diberkahi kekuatan dahsyat tapi terkutuk ketika menginjak lautan.

Hasil gambar untuk devil fruit weakness

Gambar: Luffy tenggelam karena memakan buah setan.

Kelemahan lainnya, ialah haki. Ketika kalian melawan seseorang yang dapat menggunakan haki. Maka kalian dipastikan akan mendapatkan lawan yang tangguh atau lebih tangguh dari kalian. Walaupun kalian termasuk tipe logia, ketika lawan menggunakan haki baik di tubuh maupun di senjata, maka kalian akan tetap terluka.

Kelemahan terakhirnya ialah tidak bisa memakan lebih dari satu buah setan. Jika kalian memakannya, maka tubuh kalian akan kesulitan menggunakannya. Kemungkinan dampak kelemahnnya akan dua kali lipat jika memakan lebih dari satu buah. Terkecuali Kurohige.

Proses Tumbuhnya dan Kekuatan Anti-mainstream

fakta buah iblis one piece

Gambar: Proses munculnya buah setan.

Ketika penggunanya mati lantas bagaimana dengan buah setannya? Mereka akan tumbuh kembali di suatu lautan seperti halnya sebuah proses alam, ketika kalian mati, dan dikubur menyatu dengan bumi, lalu menjadi pupuk. Dari tanah bumi lalu tumbuh buah setan. Namun keberadannya di mana buah ini akan tumbuh tidak ada yang mengetahuinya, hanya orang dengan lingkaran pergaulan yang luaslah yang mampu mengetahuinya. Tapi ada juga yang bilang, kalau ada kemampuan buah setan yang mampu menarik keluar atau mengekstrak kemampuan buah setan dari penggunanya langsung. Ya ini wajar saja, Kurohige saja dapat kekuatan yang mampu menetralisir pengguna buah setan lainnya dan mencuri kekuatan Shirohige.

Mungkin saja di waktu mendatang akan ditemukan kekuatan-kekuatan anti-mainstream, hehehe. Kira-kira ada gak ya kekuatan untuk mengubah cerita One Piece sesuai yang kita mau?

Tahap Awakening

Hasil gambar untuk doflamingo awakening mode

Gambar: Doflamingo menyerang Luffy

Awakening (kakusei) merupakan tahap lebih lanjut dari pemilik kekuatan buah setan. Kekuatannya mampu mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Walaupun itu juga bergantung pada tipe buah setan yang dimiliki. Tapi sejauh ini penjelasan tentang awakening memang masih sangat terbatas.

Jika untuk pengguna paramecia, ketika dalam tahap ini, mereka akan mudah terlihat, contoh saja Doflamingo, Magellan dan Katakuri. Mampu memproduksi kekuatannya dan mempengaruhi lingkungan fisiknya. Sekilas kekuatannya tidak hanya terlihat satu tipe saja, tapi seolah-olah mereka memiliki dua tipe buah setan, logia dan paramecia. Tapi bagaimana jika kekuatannya seperti Shirohige? Apa dia termasuk dalam awakening? Atau sedari awal pengguna kekuatan itu dalam tahap awakening?

Sedangkan logia, akan sulit, karena memang pada dasarnya memungkinkan dirinya berubah menjadi zat alam, dan menggunakan zat alam itu sebagai serangan terkuatnya. Namun ada yang Kurohige. Karena mampu mengubah hal sekitarnya menjadi sesuai dengan zat atau unsur alam yang mereka punya. Mungkin yang sangat membedakan, mereka bakal kayak tokoh-tokoh di avatar kali ya. Jadi kalau mau menyerang dengan api, mereka gak harus keluarin api dari tubuhnya, jika ada obor, mungkin mereka bisa menggunakan api di obor itu seperti memainkan robot control.

Begitu juga dengan zoan, sulit sekali melihat perkembangannya. Ada yang mengatakan kalau tipe ini akan berubah menjadi hewan seutuhnya dan kehilangan akal sehatnya ketika masuk tahap awakening. Dengan dibekali kekuatan fisik dan regenerasi yang jauh melebihi tipe apapun. Contoh penggunanya ialah Chopper dan hewan-hewan penjaga di Impel Down.

Lagu Akuma no Mi

Masih ingatkan kalian dengan lagu Akuma no Mi, yang dinyanyikan oleh Luffy, Sanji, Zoro, Usopp, dan Nami. Alih-alih untuk menjelaskan buah setan, lagu ini justru menggambarkan kesan yang diberikan oleh buah setan, darimulai mendapatkan kekuatan tapi diikuti konsekuensi tidak bisa berenang, bahkan didiskriminasi.

Tapi lagu ini dibalut dengan nuansa humoris sekaligus dengan lirik-lirik ironis. Seperti contoh penggalan lirik yang diambil dari onepiece.wikia.com:

Is it fate? Or is it destiny?

Everyone is too afraid to even touch it

But, another person (by chance, you ate it!?).

A sacrifice to the devils….

A—–U!

The devil fruit

Mungkin itu saja dulu dari penjelasan tentang buah setan. Kalau menurut kalian bagaimana? Silahkan tuliskan komentar kalian di bawah. Mari bertukar pikir dengan lepas.

Silahkan Berkomentar :