Hallo minna-san, kali ini mimin mau membagi daftar anime misteri yang mirip dengan Detective Conan. Langsung saja cekidot.

Nijuu Menso no Musume (Daughter of Twenty Faces)

Anime yang terinspirasi oleh karya Edogawa Rampo yang berjudul The Fiend with Twenty Faces (Kaijin ni-jū Mensō) mengisahkan seorang perempuan bernama Chiko, anak dari keluarga Mikamo yang kaya raya dan tinggal bersama paman serta tantenya setelah orang tuanya meninggal. Namun karena Si Tante menginginkan warisan tersebut, jadinya dia berencana untuk membunuh Chiko. Akantetapi kehidupan Chiko terselamatkan oleh Twenty Faces, seorang pencuri yang ahli dengan memungkinkan menyamar menjadi siapa pun.

Hasil gambar untuk nijuu mensou no musume anime

Gambar: Chiko (kiri) dan Twenty Faces (kanan)

Jika kalian tertarik dengan Lupin 3rd atau Magic Kaito, mungkin kalian juga akan tertarik dengan ini. Mengingat tokoh utama kebanyakan anime bertema misteri-detektif selalu diisi oleh tokoh utama yang mempunyai jiwa keadilan layaknya penegak hukum. Tapi di anime ini tidaklah demikian, walaupun tetap ada tokoh detektif seperti Shinichi Kudo atau Hajime Kindaichi.

Mononoke

Anime ini mengisahkan tentang  Medicine Seller (Kusuriuri) yang berkelana untuk membasmi roh-roh jahat atau monster yang disebut Mononoke. Namun untuk bisa membasminya, tidak serta-merta melawannya seperti di anime Nura: Rise of Youkai Clan, anime ini mungkin lebih mirip dengan Mushishi. Si tokoh utama harus mengungkap misteri kenapa roh jahat tersebut bisa ada, baru bisa dikalahkan.

Hasil gambar untuk mononoke kenji nakamura

Gambar: Tokoh utama, Medicine Seller (Kusuriuri)

Bagi kalian pecinta anime dengan gerak animasi dan desain karakter yang “agak liar”, maka kalian pasti suka dengan anime ini. Walaupun mimin lebih merasa kalau anime ini lebih mirip karya besutan sutradara Masaaki Yuasa, tapi ternyata bukan. Sutradaranya ialah Kenji Nakamura (Gatchaman Crowds).

Baca Juga :   5 Rekomendasi Film Live-Action Yang Akan Tayang di Tahun 2019!

Mouryo no Hako (The Moryou Box)

Jika biasanya sebuah anime mengisahkan ceritanya secara kronologis. Anime ini tidak demikian. Dengan alur akronologis atau tidak secara berurut membuat anime ini mempunyai daya tariknya sendiri. Seperti anime Baccano atau film Juon. Seolah-olah memaksa kita untuk mengurutkan semua episode di pikiran kita sendiri dan menemukan makna atau alur ceritanya sendiri. Jadi kita disibukan dengan kasus yang rumit dengan alur yang tak berurut. Jadi menuntut kita semakin berpikir keras.

Hasil gambar untuk mouryou no hako

Gambar: (Dari kiri) Tatsumi, Akihiko, Reijiro, dan Shutaro

Tidak lupa masing-masing episode terdiri dari perspektif tokoh-tokoh yang berbeda, darimulai: Akihiko Chūzenji, seorang penjual buku; Tatsumi Sekiguchi, novelis fiksi kejahatan; Morihiko Toriguchi, editor majalah berita; Shutarō Kiba, detektif kepolisian; Reijirō Enokizu, detektif privat. Kesemua itu untuk mengungkap kasus yang melibatkan seorang gadis remaja yang kepalanya terpisah dari tubuhnya dan berada dalam sebuah kotak. Ini adalah karya kedua yang diadaptasi dari novel Natsuhiko Kyogoku.

Majin Tantei Nogami Neuro (Neuro: Supernatural Detective)

Neuro Nougami seorang iblis yang memakan energi negatif dari kejahatan atau kasus yang dilakukan oleh manusia. Bersama dengan Yako Katsuragi, mereka memecahkan segala kasus hanya untuk memenuhi hasrat Neuro.

Gambar terkait

Gambar: Neuro (kiri) dan Yako (kanan)

Sekilas ada kemiripan dengan Death Note, dan Psychic Detective Yakumo, melibatkan unsur supernatural atau gaib ke dalam karya bertema misteri-detektif. Mengingat kalau berbicara detektif, pasti memerlukan fakta yang nyata dan penjelasan yang logis. Sedangkan supernatural itu sendiri terkadang banyak membicarakan sesuatu yang sulit untuk dijelaskan oleh logika. Selain itu di anime ini melibatkan tokoh iblis yang membuat seluruh rangkaian cerita berjalan. Sehingga peran “detektif” lebih karena digerakan oleh motif “gelap” dan “jahat.”

Baca Juga :   5 Rekomendasi Anime Yang Bisa Kalian Tonton Bersama Keluarga!

 

Hana to Arisu Satsujin Jiken (The Case of Hana and Alice)

Film ini merupakan prequel dari film Hana and Alice. Di mana mengisahkan pertemuan pertama mereka yang diselimuti oleh misteri kasus pembunuhan “Judas.” Kasus “Judas” tentang pembunuhan korban yang bernama Judas dibunuh oleh empat Judas lainnya, yang terjadi di kelas mereka.

Film ini menggunakan tekhnik rotoscoping, alias menggunakan tokoh asli yang nantinya dirender sedemikian mungkin menjadi animasi. Contohnya kayak anime Aku no Hana. Dengan teknik ini kita disuguhkan dengan kondisi pembunuhan yang “nyata,” namun dalam tingkatan animasi. Seolah-olah kita menonton dua tipe film sekaligus, yakni 2D dan 3D.

Hasil gambar untuk the case of hana & alice

Gambar: Hana (kiri) dan Alice (kanan)

Bagaimana daftar anime di atas? Apakah anime misteri favorit kalian ada di atas. Silahkan tuliskan komentar kalian di bawah. Mari bertukar pikir dengan lepas.

 

 

5 Rekomendasi Anime Misteri yang Mirip Detective Conan
Berikan Rating Berita/Review Kami

Silahkan Berkomentar :