Di episode sebelumnya Kaneki telah dikeluarkan dari tubuh naga yang notabene wujud kakuja-nya Kaneki. Tapi sepertinya itu belum cukup. Pasalnya naga itu masih tetap berdiri kokoh dan siap sedia untuk menyerang kapan saja. Tidak sampai situ, terdapat wabah yang dibawa oleh monster tersebut. Wabah itu terjadi ketika membunuh monster-monster yang lahir dari tubuh naga tersebut. Monster-monster yang terbunuh tersebut lalu mengeluarkan partikel-partikel ke udara, lalu dihirup oleh siapa pun. Jika yang menghirup itu manusia maka ia akan menjadi ghoul, sedangkan pada ghoul tidak terjadi apa-apa. Tetapi jika menghirup pada dosis yang melebihi batas, atau melampaui batas kekebalan tubuh, dari tubuh mereka akan keluar kagune yang mengeras layaknya sebuah jamur, kayak jamur Cordyceps. Bagi kalian yang pernah memainkan game The Last of Us pasti tidak asing dengan konsep wabah ini.

Lalu bagaimana kelanjutannya? Mari kita simak bareng-bareng.

Jantung Kedua

Ada inti kedua dalam tubuh naga tersebut. Ternyata memang benar bahwa Kaneki bukanlah satu-satunya penggerak naga tersebut. Ada “yang lain” di tubuh terdalam naga itu. Lalu untuk mengakhiri kekacauan ini Kaneki dkk berencana kesana. Tapi lokasi itu sangat mengandung racun. Racun yang membuat manusia bisa jadi ghoul. Artinya hanya ghoul yang bisa kesana, tapi kalau berlebihan juga bisa mematikan untuk mereka. Akhirnya Kaneki bersama Ayato yang memutuskan untuk kesana. Kenapa? Kaneki sebagai salah satu inti naga tersebut, mengembangkan kekebalan terhadap racun. Ayato walaupun rentan racun tersebut tapi memahami rute untuk bisa sampai kesana. Tapi siapa dan apa itu belum dipastikan. Jika mengingat episode sebelumnya, ada kemungkinan inti itu adalah Rise.

Baca Juga :   Pernikahan Kaneki dan Touka – Review Tokyo Ghoul:RE S2 Episode 07

Gambar: Foto tubuh naga yang diduga merupakan lokasi inti kedua.

Penyerangan Terakhir Bagian Pertama

Setelah memutuskan untuk ke inti kedua. Kaneki dkk dihadapkan masalah, atau lebih tepatnya penyerangan. Penyerangan ini berasal dari pihak Furuta dkk, yakni organisasi bernama V, dan Clown.

V menyerang Kaneki dkk dengan tujuan melindungi naga. Karena bagi mereka naga itu adalah “bahtera kehidupan.” Kehidupan yang dimaksud ialah membuat semua orang menjadi ghoul. Dengan menjadi ghoul, tubuh mereka menjadi kuat daripada manusia normal. Singkatnya ada evolusi yang terjadi.

Gambar: Organisasi V

Tawaan yang Terakhir

Di sisi lain, pihak Clown dilawan oleh orang-orang yang pernah memiliki pengalaman bersamanya. Sebut saja Donato yang dilawan oleh Amon, Uta dilawan oleh Yomo. Tidak hanya adu tinju saja yang terjadi. Tapi kenangan-kenangan yang selama ini terbentuk oleh hubungan mereka masing-masing mulai muncul kepermukaan. Mulai menciptakan keraguan dan kepastian. Di satu sisi Amon dan Yomo menganggap Donato dan Uta harus dilawan, bahkan kalau perlu dibunuh. Di lain pihak, mereka masih kerabat yang dikenal baik oleh satu sama lain.

Tapi hanya Uta yang tidak mati. Lantaran walaupun Uta bertarung dengan niat membunuh dan siap mati, tapi dilubuk hatinya dia tidak ingin dibunuh. Yomo juga tidak ingin kehilangan Uta makanya dia tidak bunuh.

Gambar: Yomo (rambut putih) dan Uta (rambut hitam dan pirang)

Baca Juga :   Operasi Gabungan Goat dengan CCG beserta Kemunculan Musuh Baru – Review Tokyo Ghoul: RES2 Episode 09

Tapi Donato justru mati di tangan Amon. Itu memang keinginan terdalam Donato untuk kalah dan mati oleh Amon. Lantaran dosa-dosa yang pernah dibuatnya tidak bisa ditebus selain lewat nyawa dia sendiri. Tapi secara spesifik, dia ingin kalah di tangan Amon. Karena baginya, Amon adalah anak yang dia sayangi terlepas dia seorang manusia dan ingin untuk memakannya. Keduanya akhirnya bertukar tangis.

Gambar: Donato

Nah bagaimana episode kali ini minna-san? Ceritanya sepertinya semakin menebal dan menuju akhir. Pertarungan terjadi di mana-mana. Tapi tidak semua orang bisa jadi pemenang, harus ada yang kalah. Bahkan yang kalah itu merupakan kerabat terdekat kita. Jadi kerabat siapa yang akan hilang di episode mendatang? Akankah penderitaan menunggu Kaneki? Silahkan tuliskan komentar kalian di bawah.

 

 

Pertarungan Terakhir Bagian Pertama – Review Tokyo Ghoul: RE 2 Episode 11
Berikan Rating Berita/Review Kami

6 KOMENTAR

    • Kalo diliat dari tubuh aslinya, kemungkinan itu mayat Eto yang dikendaliin sama Donato. Tapi ada kemungkinan juga kalau itu “seribu bayangannya” Donato yang bisa menjelma perempuan alias sekedar kagune berwujud manusia.

        • dan juga kekuatan owl nya jauh lebih besar dari pada kekuatan eto waktu masih hidup.. Jika benar itu eto?? Rasanya aneh karena eto gx bisa nembakin lasser..

          • Kemungkinannya begini: Eto udah kalah sama Furuta tapi potensi kekuatannya ngggak boleh diremehkan. Jadi Furuta dkk, terutama pihak Clown memanfaatkan mayatnya untuk jadi prajurit yang kuat. Kalo dipikir2 kekuatan Clown memang aneh-aneh, tapi justru itu yang membuat Clown lawan yang kuat

Silahkan Berkomentar :