Setelah mengetahui bahwa Kano tidak hanya melakukan eksperimen pada Kaneki saja, kita melihat bahwa ghoul bermata satu itu banyak jumlahnya. Dan hanya Eto saja (pemimpin Aogiri Tree) yang menjadi setengah ghoul berkat perkawinan antara manusia dan ghoul. Serta tidak lupa juga peran CCG (penyidik ghoul) dalam menggunakan ghoul untuk kepentingan-kepentingan terselubungnya. CCG dikisahkan sebelumnya merupakan pendukung utama ghoul, walaupun dihadapan publik ia membasmi ghoul, tetapi itu semua kedok untuk mendukung ghoul lainnya. Ibaratkan seperti ini, jika mimin adalah ghoul, dan mimin ingin menjadi ghoul paling kece badai kayak Reza Rahardian atau artis-artis korea, maka yang mimin lakukan ialah membuat mimin satu-satunya ghoul yang ada di dunia. Alias mimin akan membunuh ghoul-ghoul yang lain agar mimin terlihat paling ganteng dan keren. Sebelum berangkat lebih jauh maka ayok kita simak episode kali ini.

Bala Bantuan Telah Datang (Lagi)

Setelah Touka dan Yomo muncul di Cochlea, kali ini giliran Nishiki (alias Serpent) dan Shu (alias Gourmet) datang untuk membantu pasukan ghoul. Nishiki hadir di lokasinya Naki, sedangkan Nishiki datang di lokasinya Kurona. Kedatangan mereka berdua menjadi jelas, walaupun mereka bukanlah bagian dari Aogiri Tree tetapi jika itu berkaitan dengan ghoul (lebih-lebih karena Hinami berada di Aogiri, maka mereka mau tidak mau Hinami merupakan prioritas utama mereka) mereka akan turut serta membantu. Tapi untuk Nishiki sepertinya dia ingin menangkap Kano untuk alasan lain. Kemungkinan besar untuk mendapatkan pengetahuan Kano tentang ghoul dan manusia.

Gambar: Shu dan Nishiki

Klan Washuu adalah Ghoul

Dengan dugaan yang beredar bahwa Klan Washuu mendukung ghoul, atau lebih tepatnya memanfaatkan ghoul. Banyak penyelidikan yang dilakukan terhadap Klan Washuu, seperti yang dilakukan Penyidik Maru. Berdasarkan penyelidikannya, justru Klan Washuu ialah bukan seorang manusia yang membantu ghoul, tetapi mereka sendirilah ghoul itu. Hal ini dibuktikan oleh Maru dengan menembak langung mengenai kepala penyidik Washuu. Awalnya Maru mengira kalau ini biarlah menjadi kasus pembunuhan biasa, pembunuhan antar sesama manusia. tetapi kita dikejutkan bangkitnya Washuu setelah tertembak. Setelah itu adegan tidak diperlihatkan secara rinci apa yang terjadi, yang jelas pertarungan antar penyidik sedang berlangsung. Dan kemenangan dipegang oleh Penyidik Maru.

Gambar: Penyidik Maru dan Washuu

Siapakah Raja Bermata Satu?

Nah kita sampai pada pembahasan yang menjadi judul review kali ini. Pasti kalian langsung datang ke bagian ini bukan hehehehehe.

Sampai saat ini kita tidak mengetahui Raja Bermata Satu ini berpihak pada siapa? Ghoulkah? Manusiakah? Atau malah keduanya? Baik Eto dan Arima, sama-sama meminta Kaneki untuk membunuh Raja Bermata Satu. Apakah itu berarti raja ini tidak berpihak pada ghoul dan manusia? Sebelum berangkat lebih jauh mari kita tulis beberapa kemungkinan kandidat Raja Bermata Satu:

  1. Eto
  2. Arima
  3. Kaneki
  4. Furuta
Artikel terkait lainnya  Operasi Gabungan Goat dengan CCG beserta Kemunculan Musuh Baru – Review Tokyo Ghoul: RES2 Episode 09

Eto mengatakan kalau dia bukanlah Raja Bermata Satu. Tetapi raja ini akan muncul ketika waktunya sudah tiba. Hal ini bagi Furuta merupakan salah satu cara untuk memperkuat ikatan antar sesama ghoul. Jika para ghoul percaya kalau ada seorang raja, yang kuat, hebat, bijaksana, berani dan penolong, maka para ghoul akan semangat untuk hidup, walau harus dikejar-kejar oleh CCG sekalipun. Dengan adanya raja ini, maka para ghoul akan bersandar padanya, percaya padanya, serta rela berkorban untuknya. Maka lagi-lagi bagi Furuta, ini hanyalah dugaan palsu dengan tujuan memperkuat keakraban sesama ghoul.

Selain untuk ghoul, “penciptaan” Raja Bermata Satu ini mempunyai efek samping berupa, meningkatnya hubungan antara manusia dan CCG. Di satu sisi ghoul jadi kuat, sisi lain manusia dan CCG juga kuat. Kalian pernah bukan mendengar pertanyaan semacam ini: “Apa yang membuat orang bersatu? Karena ada musuh bersama.” Dan memang benar, contoh saja ketika ada kawan kelas yang kalian tidak sukai sebut saja Si A. Awalnya kalian mengira hanya kalian sendiri yang tidak menyukai Si A. Tetapi lambat laun ternyata tidak kalian sendiri yang tidak suka padanya, ternyata banyak. Dari situlah keakraban antar sesama pembenci Si A terjalin. Tetapi terlepas dari itu, biar mimin perjelas kembali: Eto bukanlah Raja Bermata Satu, tetapi melihat ciri-cirinya ia pantas disebut sebagai Raja Bermata Satu.

Sedangkan Arima, diambang kematiannya, ia banyak bercerita kepada Kaneki. Bahwa dia, Hairu, Furuta dan penyidik yang dipilih dari Sunlit Garden (kemungkinan semacam panti asuhan) merupakan anak persilangan dari manusia dan ghoul. Tetapi mereka semua tidak seperti Eto yang mendapatkan kekuatan ghoulnya sacara alamiah. Mereka tidak punya kekuatan ghoul, mereka hanya dibekali kekuatan fisik di atas rata-rata manusia pada umumnya (atau setara dengan ghoul tapi tanpa kagune) dan umur yang singkat. Mereka bisa saja memiliki kekuatan ghoul (seperti Furuta) dengan bantuan Kano. Tapi Arima tidak mau, karena tanpa kagune sekalipun, dia sudah menjadi penyidik yang ditakuti oleh ghoul kebanyakan, jadi untuk apa menjadi ghoul? Lalu setelah bercerita, Arima memohon kepada Kaneki untuk membunuh Raja Bermata Satu dan juga, menyebarkan kalau berita tentang kematian Arima merupakan ulah Kaneki. Melihat dua permintaan yang berbeda tapi saling berkaitan ini, lantas Kaneki bertanya kepada Arima:

“Anda adalah sang Raja Bermata Satu?” tanya Kaneki kepada Arima.

Gambar: Kaneki dan Arima

Lebih jauh lagi, Arima mengatakan kalau berita kematiannya disebabkan oleh ulah ghoul, maka setidaknya itu memberikan harapan bagi ghoul untuk terus semangat bertahan hidup. Walaupun Arima tidak menjawab apakah dia memang Raja Bermata Satu, ia memiliki ciri-cirinya. Lantas ia mengatakan kalau Raja Bermata Satu ialah ciptaan antara dia dan Eto. Maka seolah-olah mangatakan secara tidak langsung kalau mereka berdua, dulunya ialah Raja Bermata Satu. Dengan kematian mereka berdua, maka mereka mau tidak mau harus menemukan Raja Bermata Satu lainnya yang memenuhi ciri-ciri yang dimaksud.

Artikel terkait lainnya  Semua Manusia Menjadi Ghoul – Review Tokyo Ghoul: RE2 Episode 10

Setelah permintaan dari Eto dan Arima untuk membunuh Raja Bermata Satu, tidak dapat dipungkiri kalau Kaneki juga merupakan kandidiat untuk menjadi Raja Bermata Satu. Setelah mengalahkan Arima dan menangkap Eto, kemampuan Kaneki tidak boleh diremehkan. Begitu juga dengan cita-citanya untuk membuat tempat di mana ghoul dan manusia dapat hidup berdampingan. Maka untuk menciptakan suasana semacam itu, diperlukanlah seorang raja. Maka Kaneki merupakan orang yang pas untuk menjadi Raja Bermata Satu. Jika memang peran Raja Bermata Satu memang demikian, tapi kalau seperti itu, maka permintaan Eto dan Arima tidaklah masuk akal. Bagaimana mungkin mereka meminta Kaneki untuk menjadi sekaligus membunuh Raja Bermata Satu yang notabene ialah dirinya sendiri?

Sementara Arima sedang memohon kepada Kaneki. Dan keadaan Cochlea yang sedang kacau, Donato dan juga Uta (anggota kelompok Clown ghoul yang tidak bergabung dengan Aogiri Tree tetapi suka buat keonaran di mana-mana) memulai pergerakannya. Salah satu pergerakanya ialah untuk bertemu sang raja.

Gambar: Donato

Setelah bertemu dengan Furuta mereka berhasil membunuh pemimpin utama CCG. Apakah dengan demikian Furuta merupakan raja yang dimaksud Donato barusan? Kemungkinan iya, tetapi apakah dia Raja Bermata Satu? Kemungkinan iya, kemungkinan juga tidak.

Gambar: Furuta, Clown dan orang-orang misterius

Teruntuk penutup, ada beberapa hal yang menarik untuk dicatat. Kandidat terkuat untuk menjadi Raja Bermata Satu ialah Kaneki ataupun Furuta, yang sebelumnya dipegang oleh Eto dan Arima. Berdasarkan cerita sejauh ini, mimin menduga, kalau Raja Bermata Satu merupakan setengah ghoul dan manusia. Tapi peran yang dimainkan dari Raja Bermata Satu ini sepertinya bergantung pada posisi di mana raja itu berdiri. Jika raja ini dipegang oleh ghoul maka ini akan berdampak positif bagi ghoul dan negatif bagi manusia serta CCG. Begitu juga sebaliknya, jika raja ini dipegang oleh Furuta, maka ini akan berdampak negatif bagi ghoul dan positif bagi siapa pun yang bekerja sama dengan Furuta. Tapi ini semua hanya dugaan sementara hehehehe. Kalau menurut kalian bagaimana? Silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini. Mari bertukar pikir dengan lepas.

 

 

3 KOMENTAR

  1. Artikelnya bagus dan penjelasannya mudah dipahami.. Kadang kalo udah nonton anime tp kurang ngerti suka baca2 lagi review kaya gini.. thanks 😁

  2. Menurut saya raja mata satu furuta. Karena akhirnya kaneki bunuh furuta kan. Kemungkinan yg d mksud arima bunuh raja mata 1 ya furuta

Silahkan Berkomentar :