Saat ini kuroneko-ku akan membahas tentang jenis-jenis haki dan tingkatannya dalam dunia one piece yang mungkin masih menjadi pertanyaan beberapa orang.

Yup, kita bahas yuk sebenarnya haki itu apasih ?

Haki 覇気(“Ambisi”)

Haki merupakan kekuatan misterius yang ditemukan di setiap mahluk hidup di dunia one piece, bisa dikatakan kekuatan “naluri” dan “semangat juang”.

Apa Itu Haki
Haki

Hampir sebagaian besar makluk hidup tidak menyadari kekuatan atau mungkin mereka mencoba untuk menarik keluar kekuatan itu, tapi tetap tidak bisa.

Secara umum, ada dua jenis haki bagi semua orang dapat diberikan dan dikembangkan dengan pelatihan yang tepat.

Namun, ada jenis haki yang ketiga dan hanya orang tertentu saja (yang terpilih) yang bisa memiliki haki ini.

Haki pertama kali terlihat di serial one piece ketika shanks menggunakan kepada sea king untuk menyelamatkan luffy ketika ia masih kecil.

Saat Pertama Kali Haki Di Perkenalkan Oleh Shanks
Saat Pertama Kali Haki Di Perkenalkan Oleh Shanks

Mari kita lihat penjelasan tentang ke 3 jenis haki di dalam dunia one piece tersebut dan tingkatannya di page selanjutnya.

1. Haki Kenbunshoku (Pengamatan)

Haki ini dikenal sebagai mantra di skypiea adalah bentuk haki yang memungkinkan pengguna untuk merasakan kehadiran orang lain.

the god enel
The God Enel

Bahkan jika mereka bersembunyi dari pandangan atau terlalu jauh untuk dilihat secara alami oleh mata kita, kita dapat merasakannya.

Jika menggunakan jenis haki ini, seseorang dapat memprediksi gerakan lawan sebelum pukulan mereka mengarah kepadanya, sehingga membuat serangan lebih mudah untuk dihindari.

Pada level tertinggi Kenbunshoku haki pengguna bahkan bisa melihat sedikit dari masa depan, contoh pengguna yang bisa mencapai tahap ini adalah komandan tertinggi bajak laut Big Mom katakuri.

katakuri
Katakuri

Ia dapat melihat sedikit masa depan berkat kenbunshoku haki yang ia latih secara terus menerus.

Walaupun masih banyak diperdebatkan dan masih menjadi teori yang belum diketahui kebenarannya, level tertentu pengguna kenbunshoku haki juga dapat merasakan aura seseorang dan melihat pada jarak yang sangat jauh seperti yang dilakukan oleh usop dan van auger.

The God Usopp
The God Usopp Saat Ingin Menembak Sugar
van auger
Van Auger Saat Melihat Perahu Luffy Dari Kejauhan

Mereka berdua melatih kenbunshoku haki mereka yang berfokus pada mata mereka yang menyebabkan mereka dapat melihat jauh dan merasakan aura mereka.

2. Haki Busoshoku (Persenjataan)

Memungkinkan pengguna untuk menciptakan kekuatan mirip dengan perisai tak terlihat di sekitar mereka, yang mirip dengan Tekkai.

Luffy vs Blueno Menggunakan Tekkai
Luffy vs Blueno Menggunakan Tekkai

Selain pada tubuh, haki ini dapat digunakan pada benda seperti halnya pedang zoro yang berbentuk hitam setelah menggunakan busoshoku haki, dengan haki ini juga pengguna dapat menyentuh tubuh asli dari pemakan buah setan tipe logia yang umumnya dapat berubah bentuk tubuhnya menjadi benda tertentu sehingga sulit untuk di kalahkan.

Zoro Menggunakan Haki Busoshoku Pada Pedangnya
Zoro Menggunakan Haki Busoshoku Pada Pedangnya

Dengan pelatihan haki yang benar, haki ini dapat digunakan menjadi senjata yang sangat berbahaya untuk menyerang orang lain.

Contohnya seperti panah haki kuja yang mampu menembus/menghancurkan batu yang sangat keras.

Suku Kuja Yang Menggunakan Haki Pada Panahnya
Suku Kuja Yang Menggunakan Haki Pada Panahnya

Pengguna buah logia juga dapat menggunakan busoshoku haki digunakan untuk senjata pada tubuhnya yang terpisah.

Sama yang pernah dilakukan oleh smoker yang melepaskan tangannya, dan menanamkan perubahan itu pada tangannya.

Smoker VS Vergo
Smoker VS Vergo dan Semoker Mengeluarkan Haki Busoshoku

Jika tipe zoan dan paramecia menggunakan haki ini sebagai senjata mungkin penggunaannya  hampir-hampir mirip dengan pengguna haki yang tidak memakan buah iblis pada umumnya.

Dan sampai pada saat ini, baru terlihat master dari haki jenis ini yang dapat memanipulasi full body dari busoshoku haki yaitu vergo dan pica.

Vergo Full Body Haki
Vergo Full Body Haki
Pica Full Body Haki
Pica Full Body Haki

Tingkatan pada busoshoku haki ini masih belum diketahui adanya, masih berupa teori dan imo dari beberapa fans yang mengatakan  kaido adalah orang yang paling terkuat dalam menggunakan haki ini, karna kaido tidak dapat mati sampai pada saat ini.

Kita nantikan saja nanti yah kelanjutannya tingkatan selanjutnya dari pengguna busoshoku haki pada level lanjutan yang akan dibuat oda sensei seperti apa.

3. Haki Haoshoku (Raja Penakluk)

Haki jenis ini juga memiliki kemampuan untuk mematahkan kekuatan pengguna buah iblis karena dapat menyentuh tubuh mereka, haki ini jarang didapat dan tidak akan di dapat dan dicapai melalui pelatihan karna hanya satu dari satu juta orang yang memilikinya.

Jenis haki ini memungkinkan pengguna untuk mendesak kemauan mereka atas orang lain atau mengintimidasi lawannya, siapapun yang memiliki jenis haki ini memiliki kualitas seorang raja.

Dengan haki ini pengguna dapat menumbangkan beberapa orang sekaligus dan membuatnya pingsan sesaat, salah satu master dari haki ini adalah Yonko Akagami Shanks.

Haki Haoshoku Shanks
Haki Haoshoku Shanks

Dikatakan dia mampu menumbangkan sampai 100 ribu orang dengan haki ini.

Level tertinggi haki ini bahkan dapat meratakan kapal shirohige yang padahal kapal shirohige tersebut terbuat dari bahan yang sangat kuat.

Sedangkan luffy hanya mampu menumbangkan 50 ribu manusia ikan saja dengan haki ini.

Haki Haoshoku Luffy Pulau Manusia Ikan
Haki Haoshoku Luffy Pulau Manusia Ikan

Mungkin cukup sekian dari pembahasan pertanyaan jenis-jenis haki dan tingkatannya ini.

Jika mempunyai pendapat akan hal tersebut, silahkan berikan komentar di kolom komentar di bawah.

2 KOMENTAR

Silahkan Berkomentar :