Di chapter sebelumnya Oden resmi bergabung dengan kru bajak laut Gold D Roger. Walau awalnya dia tidak langsung diterima tapi lama kelaman Oden sudah dianggap menjadi keluarga bajak laut Roger. Mereka berpetualang mengelilingi dunia sampai akhirnya mereka tiba di pulau langit. Disana mereka menemukan sebuah Poneglyph. Ini adalah kata – kata yang sama yang dilihat Robin saat berada di pulau langit. Terkuaklah kenapa nama Roger bisa berada di batu itu.

Di Cover manga one piece chapter 967 terlihat kru Mugiwara Luffy yang sedang berkumpul bersama dan berpesta. Ini adalah cover yang dibuat Eiiciro Oda atas permintaan majalah jump yang bertanya bagaimana kru bajak laut Luffy menghabiskan malam tahun  baru. Tentu saja ini dibuat karena rilis manganya yang berdekatan dengan tahun baru 2020.

Cover Chapter 967
Cover Chapter 967

Melanjutkan Pencarian tiket terakhir

Pada chapter 967 ini Roger baru saja tiba di water seven, pulau pembuat kapal setelah dari pulau langit. Diatas kapal Buggy dan Shank bertengkar kemana harusnya tujuan mereka selanjutnya. Mereka bertengkar tentang kutub utara dan kutub selatan. Kita masih belum mengetahui apa sebenarnya yang mereka bicarakan. Disisi lain, Roger terkejut karena pernyataan Oden, Nekomushi dan Inurashi yang menyatakan kalau di Wano ada Road Poneglyph.

Roger terkejut bahwa di tempat Oden berasal(Wano) terdapat Road Poneglyph
Roger terkejut bahwa di tempat Oden berasal(Wano) terdapat Road Poneglyph

Dengan Road Poneglyph yang ada di Wano Roger punya tiga batu, Satu yang dicurinya dari Big Mom, yang didapatkannya dari Shirohige, yang ada di Wano, dan ketiga batu itu akan menuntun ke batu yang terakhir yaitu di Zoo. Disini sudah terungkap, sebelumnya letak batu yang kita ketahui ada di Zoo, di daerah kekuasaan Big Mom, di Wano yang sekarang sudah dikuasai oleh Kaido dan yang posisi batu yang terakhir terungkap diketahui oleh Bajak Laut Shirohige. Walau secara spesifik kita belum tau tempat batu terakhir tapi ini adalah petunjuk besar mengingat sebelumnya informasi mengenai batu itu sama sekali tidak diketahui.

Roger berhasil mengumpulkan ke-empat Road Poneglyph
Roger berhasil mengumpulkan ke-empat Road Poneglyph

Roger berlabuh di water seven, dia bertemu dengan Tom. Sepertinya itu adalah pertemuan kru bajak laut Roger yang kedua setelah mereka dibuatkan kapal oleh Tom. Pada saat pertemuan mereka, Tom, Iceberg, dan  Franky sedang dalam proses pembuatan kereta laut. Roger sepertinya sudah mengetahui rencana pembuatan kereta laut itu karena dia bertanya perkembangannya.  Oden mengajak Franky yang masih muda untuk bergabung menjadi tukang kapal bajak laut Roger tapi dia menolak, sepertinya saat itu dia masih membenci bajak laut. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan lagi. Mereka berlayar melewati badai dan serangan monster di hutan. Di satu saat perjalanan mereka terlihat Oden sedang melihat pembangunan dari sebuah jembatan. Yang membangunnya sepertinya adalah tahanan perang. Sepertinya ini adalah jembatan yang sama saat Robin dilempar oleh Kuma dan menjadi budak pembangun jembatan sebelum diselamatkan oleh pasukan Revolusi. Sudah terbukti pembangunan jembatan itu sudah berlangsung sangat lama dan tujuannya masih belum terungkap.

Oden sedang melihat pembangunan dari sebuah jembatan
Oden sedang melihat pembangunan dari sebuah jembatan

Ramalan Shirly Kecil

Mereka melanjutkan perjalanan dengan pergi ke dasar laut menuju pulau manusia ikan. Saat didasar laut. Roger dapat mendengar suara, tidak ada kru lain yang mendengarnya kecuali Oden dan saat Roger mengatakan itu dia dilihat oleh Sea King atau monster laut. Ini adalah masa dimana saat monster laut membawa Noah ke hutan laut salah satu dari mereka mengingat dan bilang  kalau ada seorang bajak laut yang mendengar suara mereka dan itu adalah Roger.

Roger dan Oden dapat mendengar Sea King
Roger dan Oden dapat mendengar Sea King

Tak lama kemudia Bajak Laut Roger bertemu dengan Neptune. Roger dan Neptune berteman itu artinya Roger pernah mendatangi pulau manusia ikan sebelumnya. Saat mereka bertemu Neptune sedang menjaga pintu gerbang antara dunia manusia dan dunia manusia ikan. Tapi saat mereka mengobrol salah satu pengawal Neptune memberi kabar kalau pasukannya terluka dan pintu masuk kapal di pelabuhan juga rusak. Melihat kekacauan itu Neptune pesimis hari kekacauan akan terjadi.

Artikel terkait lainnya  Daftar Tenryubito Onepiece
Neptune mengira bahwa hari ini lah hari kekacauan yang di Ramalkan oleh Shirly
Neptune mengira bahwa hari ini lah hari kekacauan yang di Ramalkan oleh Shirly

Tapi Shirly yang berusia 5 tahun mengatakan Hari itu tidak akan terjadi sebelum putri duyung lahir dari keluarga kerajaan. Shirly sudah meramal dari usianya muda dan ramalannya sangat dipercayai oleh rakyat pulau manusia ikan. Dan terbukti apa yang dikatakannya saat Roger datang terbukti di masa depan. Dan mungkin juga masa dimana Pulau manusia ikan akan dilanda kekacauan dan terlihat bayangan Luffy didalamnya akan terjadi. Itu adalah ramalannya saat Luffy dan kawan – kawan berada di Pulau manusia ikan. Roger bertanya kepada Neptune tentang keberadaan dari senjata kuno Poseidon.

Shirly meramalkan kehancuran Fishman Island
Shirly meramalkan kehancuran Fishman Island

Neptune menjelaskan setiap 100 tahun Poseidon atau kekuatan dari dewa laut akan bersemayam di tubuh seorang putri duyung. Shirly meramal Putri duyung itu adalah anak dari Neptune di masa depan, dan sudah terbukti yaitu Shirahoshi.

Mungkin karena ramalan itu juga Shirahoshi dikurung dikerajaan, selain karena bajak laut Vander Decken IX mengincarnya. Roger bertanya kapan Putri Duyung itu akan lahir dan Shirly menjawab 10 tahun lagi. Setelah pertemuan itu, Roger kembali melanjutkan perjalanan.

Pilihan Oden

Saat mereka sudah sangat dekat dengan Wano, Toki istri dari Oden sakit. Mereka terpaksa berlabuh. Oden dipaksa membuat pilihan antara meninggalkan petualangannya bersama Roger atau menitipkan Toki pada Kinemon dan yang lainnya. Kinemon sudah menyambut kedatangan Oden dan memintanya untuk tinggal dan memerintah Wano tapi pada akhirnya dia menolak dan pergi melanjutkan perjalanan.

Pilihan Oden
Pilihan Oden

Petunjuk pada Road Poneglyph yang dibacanya di Wano mengarahkan mereka ke Zoo. Pada saat sampai disana mereka disambut dengan hangat oleh penduduk Zoo. Oden merasakan perasaan yang tidak enak. Dan Roger sepertinya mengerti. Akhirnya mereka menemukan Road Poneglyph yang terakhir. Selain itu Oden juga melihat lambang dari klan Kozuki disana. Itu awal dia mengetahui kalau klan kozuki dan suku mink memiliki ikatan sumpah persaudaraan. Saat Roger ingin melanjutkan perjalanan Pedro ingin ikut bersama mereka dan Roger memintanya untuk menunggu karena itu belum waktunya. Ini adalah saat yang diingat Pedro saat akhirnya mati meledakan diri untuk membantu kru Luffy agar bisa kabur dari pulau Big Mom.

Pedro meminta untuk ikut kekapal Roger, tapi ditolak dan Roger berkata 'Belum giliranmu'
Pedro meminta untuk ikut kekapal Roger, tapi ditolak dan Roger berkata ‘Belum giliranmu’

Laugh Tale

Bajak Laut Roger akhirnya berhasil menemukan keempat Road Poneglyph dan menentukan letak dari pulau terakhir. Dikapal Roger batuk dengan sangat keras menandakan penyakitnya semakin parah tapi dia masih tetap memasang wajah semangat untuk petualangannya. Di petualangan terakhir itu Buggy jatuh sakit. Dia sangat ingin ikut ke pulau itu tapi Shanks bilang tidak perlu mengkhawatirkan Buggy karena dirinya dan Buggy akan memiliki kapal sendiri suatu saat nanti dan pergi lagi ke pulau itu. Sepertinya ini mengisyaratkan kalau Buggy belum pernah melihat harta karun terhebat One Piece tapi ini belum bisa dipastikan.

Artikel terkait lainnya  O-kiku seorang Samurai Wanita – Review Onepiece Chapter 914
Shanks berkata tidak perlu mengkhawatirkan Buggy, karena ia dan Buggy akan memiliki kapal sendiri suatu saat nanti
Shanks berkata tidak perlu mengkhawatirkan Buggy, karena ia dan Buggy akan memiliki kapal sendiri suatu saat nanti

Akhirnya Roger berhasil sampai di pulau terakhir dan mencapai mimpinya. Di masa setelah dia berhasil menaklukan lautan beritanya tersebar dan orang – orang mulai menyebut Roger sebagai Raja Bajak Laut. Dipulau terakhir mereka mempelajari tentang abad kekosongan, senjata – senjata kuno, dan makna dari pemilik inisial D. Saat Roger menemukan apa yang dicarinya selama ini dia tertawa, semua krunya tertawa keras disini Roger menyebutkan nama Joy Boy lagi. Joy Boy adalah seseorang dari abad kekosongan yang membuat Noah dan namanya tertulis di Poneglyph di pulau manusia ikan, sepertinya namanya sangat penting berkaitan dengan sejarah abad kekosongan. Roger memutuskan untuk memberi nama dari pulau terakhir yang belum terjamah selama 800 tahun, mereka memberi nama pulau itu “ Laugh Tale” dan lebih dikenal orang dengan sebutan Raftel.

Laugh Tale
Laugh Tale

Di chapter sebelumnya dikatakan Roger bisa menemukan tiap letak Batu Poneglyph karena dia mendengar suara dari batu itu. Ini mungkin terkait dengan apa yang dikatakan Reyleigh saat Luffy dan kawan – kawan bertemu dengannya di Pulau Sabody. Roger dan Krunya sama sekali tidak bisa membaca dan mengerti kode itu yang mereka lakukan hanyalah mendengar suara dunia dan mungkin maksud Reyleigh adalah suara dari kepingan sejarah yang tertinggal di Batu Poneglyph. Dan suara yang didengar Roger didasar laut di chapter ini sepertinya juga berkaitan dengan itu disini juga terungkap Oden juga mendengar suara yang didengar Roger. Mungkin suara yang mereka dengar hanya bisa didengar oleh mereka yang berinisial D dan yang terkait dengan abad kosong yang lalu. Mungkin juga suara yang didengar Luffy saat didasar laut adalah suara yang sama didengar oleh Roger.

Ada satu hal yang menarik dibahas berkaitan dengan chapter ini. Di tiap petualangan Roger mereka mempelajari isi dari batu Poneglyph yang mereka temukan. Sangat mungkin kalau saat bertemu Tom, Roger sudah mengetahui tentang senjata kuno Pluton, karena pada Arc Water Seven, Franky dan Iceburg mengetahui tentang Blueprint dari Pluton, dan Franky telah membakarnya di depan CP9, tetapi Franky kemungkinan sudah hafal isi dari Blueprint tersebut.

Franky membakar Blueprint Pluton
Franky membakar Blueprint Pluton

Yoshhh minna,……….
gimana menurut kalian dengan One Piece Chapter ini ??
Apakah isi dari harta karun yang dicari semua orang di dunia ?
Dimanakah Letak Laugh Tale(Raftel) ?
Siapakah dan apa tujuan sebenaranya dari Orang yang sering disebut Joyboy ?

Kemungkinan Chapter selanjutnya akan membahas Flashback tentang penjajahan Kaido di Wano dan kematian Oden, buat kalian yang mengatakan kebanyakan flashback, ya menurut mimin itu salah satu cara Oda-sensei memperkenalkan karakter, soalnya karakter” yang ada di One Piece banyak yang berasal dari masa lalu dan di One Piece juga masa lalu sangat berhubungan dengan masa depan(walaupun mantan mimin ga mungkin jadi masa depan mimin :v).

Yoshhh, Silahkan tulis pendapat dan komentar kalian tentang chapter ini di kolom Komentar,……….
Jika kalian suka sama review mimin kasih bintang 5 ya ke review ini, karena bantuan kalian yang akan memberi energi positif buat mimin :v.

 

 

 

Silahkan Berkomentar :