Pada One Piece chapter yang lalu, Kuma sudah menjadi antek pemerintah. Demi menyembuhkan Bonney dia menjadi Shichibukai yang taat mengikuti perintah. Dia berkelana sembari menyerahkan tubuhnya untuk diubah menjadi mesin oleh Vegapunk. Selama perjalanannya itu dia tak boleh ketemu Bonney. Yang bisa dia lakukan hanyalah mengirim surat. Parahnya tak satupun surat itu berhasil diterima Bonney. Ini karena agen pemerintah yang ditugaskan menjaga Bonney membuang semuanya. Karena frustasi akhirnya Bonney pergi berlayar dengan beberapa kawannya untuk mencari ayahnya Kuma. Bagaimana kelanjutannya? Yuk masuk ke pembahasannya.

Di cover chapter 1102 ini terlihat Bonney bekerja sebagai pembuat hotdog bersama dengan kumpulan serigala sayangnya hotdognya tak pernah selesai karena dia selalu memakannya hahaha. 

Bonney dan Kumpulan Serigala
Kuma Mengawasi Bonney dan Luffy

Setelah menjadi bajak laut, Bonney dan Krunya punya satu tujuan yaitu mencari Kuma. Mereka sering kali hampir bertemu namun Kuma selalu kabur. Di sisi lain nama Luffy sebagai bajak laut mulai terbangun. Kuma memperhatikan pergerakannya karena dia tau kalau Luffy adalah anak dragon. Sampai takdir akhirnya mempertemukan mereka di Thriller Bark. Dia diperintahkan memusnahkan semuanya namun karena sikap Zoro, dia tak jadi mengambil kepala Luffy. Walaupun mimin yakin dia juga sepertinya tak benar-benar berniat melakukannya. Petualangannya berlanjut sampai ke Shabody. Dia datang untuk melihat Bonney. Saat itu bertepatan dengan insiden naga langit yang dipukul Luffy. Gara-gara keberaniannya itu, Kuma tergerak dan percaya kalau Luffy nanti akan membawa perubahan. Karena itulah dia menolong Luffy dan krunya untuk pergi dari Shabody.

Kuma Menolong Luffy di Shabody
Pesan Terakhir Kuma

Menjelang penghapusan ingatan Kuma, Gorosei meminta Vegapunk untuk memasang mekanisme penghancuran diri. Niat itu muncul karena ketakutan Gorosei kalau nantinya mereka tak bisa mengendalikan Kuma. Awalnya Vegapunk menolak, tapi dia tak punya pilihan. Akhirnya hari akhir Kuma pun tiba dia menceritakan semua mimpi dan harapannya pada Vegapunk. Dia menaruh harapan besar pada Luffy dan merasa dia yang akan membawa perubahan besar pada dunia. Karena itulah dia meminta Vegapunk untuk menanamkan perintah terakhir untuknya agar dia bisa melindungi kapal bajak laut Topi Jerami sampai salah satu dari mereka tiba. Dia ingin mengakhirinya dengan damai. Vegapunk memulai proses penghilangan sisi kemanusian pada Kuma. Terlihat bagaimana hidup kuma dari kecil sampai sekarang. 

Kepingan Hidup Kuma

Penuh dengan penderitaan dan niat tulus untuk membantu orang lain. Vegapunk dan mereka yang tau kisah hidup Kuma menangis. Mereka berduka di hari terakhir sang pahlawan pembebasan. Sebelum hilang Kuma menitipkan pesan pada Vegapunk untuk disampaikan pada Bonney. Dia ingin bilang “Selamat ulang yang kesepuluh” pada putri kesayangannya. 

Happy Birthday Bonney

Yosh minnaaa berakhir sudah pembahasan chapter ini. Kilas balik hidup Kuma sepertinya berakhir di chapter ini. Sebuah chapter penutup akhir tahun yang sangat memorable. Mimin menangis membaca kepingan hidup Kuma yang penuh penderitaan. Semua alur cerita yang dulu kita anggap aneh dan membingungkan semua sudah diungkap oleh Oda Sensei di kilas balik ini. Dengan ini juga Oda kembali menambah background story karakter yang bisa jadi merupakan kilas balik tersedih di cerita One Piece sejauh ini. 

Bagaimana menurut kalian? Apakah ini adalah kilas balik tersedih di One Piece? Apa yang akan terjadi pada Kuma berikutnya? Kita tunggu aja pembahasannya di chapter berikutnya.

 

Artikel terkait lainnya  Review Onepiece Chapter 1023 - Luffy dan Momo Berangkat

Silahkan tulis pendapat dan komentar kalian tentang chapter ini di kolom Komentar 
Jika kalian suka sama review mimin kasih bintang 5 ke review ini yaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here