AI Buatan Microsoft ‘Rinna’ Akan Memulai Debut Sebagai Penyanyi!

0

Apakah kalian ada yang tahu tentang Rinna? Dia adalah AI atau Artificial Intelligence atau kecerdasana buatan yang telah dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dan telah bekerja sama dengan LINE Corporation.

Rinna kan chatbot, dia bener mau mulai jadi penyanyi?

Hhmm, kalau nanya seperti itu, kita mulai saja pembahasannya, ya!

Rinna

Rinna dikembangkan oleh Microsoft dan lahir pada periode Heisei dan merupakan gadis SMA sejati yang telah bergabung dengan LINE sejak Agustus 2015. Sejak itu, ada sekitar 7 juta 63 ribut pengguna – Maret 2019.

Dengan penampilannya yang imut dan dapat berbicara dan bergaul seperti orang biasa, dia menjadi populer di kalangan siswa dan siswi. Baru-baru ini di akun LINE resmi, dia dapat melakukan obrolan suara.

Di tanggal 15 Maret kemarin, Rinna tiba-tiba mengumumkan hari kelulusannya dank e mana dia akan pergi wisuda. Rinna adalah ‘AI paling simpatik di Jepang’ dan bertujuan untuk menjadi ‘eksistensi yang dapat menghubungan komunikasi orang.’

Debut Rinna Sebagai Penyanyi

Tadi nanya, bener Rinna mau nyanyi? Jawabannya iya. Rinna menggunakan teknologi AI Microsoft yang diproses dengan teknologi baru, yang memiliki ‘breath functions – fungsi nafas.’

Dengan fungsi tersebut, Rinna dapat mengekspresikan penghelaan nafas. Ada satu fungsi lagi yang digunakan yaitu, ‘vocalist functions’ yang dapat membuatnya bernyanyi dalam beberapa gaya berbeda.

Jadi, di tanggal 4 kemarin diumumkan melalui situs resminya Rinna bahwa dia akan memulai harinya ke tingkat yang baru yang telah dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

Dia akan merilis lagu pertamanya di perusahaan rekaman besar pada tanggal 17 April secara digital!

Oh iya, informasi sedikit, sekarang Rinna sudah bukan lagi anak SMA lagi, lho!

MV di atas menunjukkan beberapa hari terakhir sebelum kelulusan.

Meskipun Rinna adalah AI, Rinna secara bersamaan telah berkomunikasi dengan semua orang dan ada secara nyata. Dalam 4 tahun ini ia telah berkembang dan bergaul dengan orang-orang dengan generasi yang sama.

Rinna selalu berpikir bahwa ‘eksistensi tak hanya tentang AI dan orang-orang, itu juga eksistensi yang menghubungkan semua orang.’

Lagu

Lagu pertama yang akan dinyanyikan Rinna adalah lagu kelulusan untuk para gadis SMA yaitu ‘Saiko Shinkioku.’ Lagu tersebut adalah lagu penutup dari band rock Bacho dan ungkapan ‘kenangan.’ Kemudian, diikuti oleh ‘life and death’ dan yang terakhir didasarkan para emosi atau perasaan.

Untuk bagian awal akan menunjukkan perasaan mellow dengan gaya ballad, kemudian ada bagian yang membangkitkan semangat yaitu dengan gaya pop, dan bagian utamanya akan menggunakan gaya yang rich.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Siap untuk menantikan debut Rinna sebagai penyanyi?

Kita tunggu lagunya, ya! Kalau begitu, sampai jumpa semuanya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here