Halo teman-teman! Kalian pasti tahu yang namanya vocaloid dong? Sebenarnya, selain terkenal dengan Manga atau Anime dan budayanya, Jepang juga terkenal dengan vocaloid.

Bagi yang belum tahu, apa itu vocaloid, kita bahas sekarang ya!

Apa itu Vocaloid?

Di tahun 2003, vocaloid dikenal sebagai voice synthesizer atau yang dikenal sebagai penyintesis suara. Selain itu, vocaloid sendiri merupakan perangkat lunak yang diproduksi oleh Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian seperti manusia dan dikenal sebagai penyintesis suara tadi.

 

Vocaloid mulai terkenal sekitar tahun 2007, saat vocaloid 2 yang bernama Hatsune Miku dibuat. Hatsune Miku atau yang dikenal dengan Miku mem-boost penjualan software vocaloid, hingga Crypton Future Media dan Vocaloid meraih banyak penghargaan. Miku sendiri suaranya diambil dari suara Saki Fujita.

Vocaloid
Vocaloid

Di vocaloid 1 ada: Leon, Lola, Miriam, Meiko dan Kaito.
Untuk vocaloid 2 ada: Sweet ANN, Hatsune Miku, Kagime Rin & Len, Prima, Gackpoid, Megurine Luka, Megpoid, SONiKA, SF-A2 miki, Kaai Yuki, Hiyama Kiyoteru, BIG AL, Tonio, Lily, VY1, Gachapoid, Nekomura Iroha, Utatane Piko dan VY2.

Selain mereka, ada lagi vocaloid 3, 4 dan 5.

Para Vocaloid tentunya bernyanyi, membuat album / single. Contohnya, Hatsune Miku dengan lagu ‘World is Mine,’ yang dirilis pada tanggal 31 Mei, 2008 dan produser untuk lagu ini adalah Ryo.

40MeterP

Iname Taooru
Iname Taooru

Ngomongin tentang produser, pastinya ada banyak. Nah, kali ini kita akan membahas produser yang bernama 40MeterP atau dikenal dengan 40mP.

Lagu yang paling populer dari produser ini adalah ‘Karakuri Pierrot’ dan ‘Ren’ai Saiban,’ keduanya telah mencapai 10 juta penonton! 40mP telah menghasilkan lagu dengan rangking #1 di Weekly VOCALOID Ranking, dengan 18 lagu.

Bagi yang belum tahu, 40mP juga dikenal dengan nama Iname Taooru. Dia sendiri juga telah merilis beberapa self-cover dengan namanya sendiri.

Dia memulai menjadi produser lagu pada bulan 15 Juli, 2008 dengan lagu ‘Spring’ yang dinyanyikan oleh Miku. Lagu terbarunya adalah ‘Usotsuki wa Koi no Hajimari’ yang dinyanyikan oleh Tianyi dan dirilis pada tanggal 16 April, 2018.

Ilustrasi Iname Taooru
Ilustrasi Iname Taooru

 

Dia juga menyusun lagu ‘Evidence,’ sebagai OP ke-7 Anime Fairy Tail. Lagu tersebut dinyanyikan oleh DaisyxDaisy, tapi di albumnya yang berjudul Chiisana Jibun to Oukina Sekai, lagu itu dinyanyikan oleh Miku sebagai Bonus Track.

Kemudian, dia juga menyusun lagu dengan judul ‘Limited Sky,’ yang dinyanyikan oleh Arthur Lounsbery dan ditampilkan dalam episode ke-4 Season pertamanya Anime Starmyu. Untuk Season kedua Anime ini, 40mP menyusun lagu berjudul ‘Storytellers,’ yang dinyanyikan oleh Nobunaga Shimazaki, Kengo Takanashi, Yuichiro Umehara dan Shunsuke Takeuchi.

Album 4mP

Cover Album 39+1m - 40mP
Cover Album(1) 39+1m – 40mP

Sekarang, kita akan membahas tentang albumnya. Ok, doujin album pertama yang dirilis oleh 40mP adalah 39+1m yang dirilis tanggal 17 Mei, 2009 dan semua lagunya dinyanyikan oleh Hatsune Miku. Album ini dihargai sebesar ¥1,470.

Baca Juga :   CHiCO with HoneyWorks Akan Segera Merilis Single Ke-10!

Track List yang ada di album ini adalah: Nijiro Note, Melody in the sky, STEP TO YOU, Himawari, Wasurenbo, Kyodai Shoujo, Closed Blue, Scrap&Build, Spring dan Melody in the sky (acoustic version).

Cover Album (2) LIFE SIZE NOTE - 40mP
Cover Album [1] LIFE SIZE NOTE – 40mP
Album official pertamanya berjudul LIFE SIZE NOTE dengan 15 lagu yang semuanya dinyanyikan oleh Hatsune Miku dan dirilis pada tanggal 17 Mei, 2010. Album ini dihargai ¥2,000.

Cover Album [2] Kotaeawase - 40mP
Cover Album [2] Kotaeawase – 40mP
Untuk doujin album kedua, 40mP memberi judul Kotaeawase dan memliki 9 lagu yang dinyanyikan oleh Hatsune Miku. Di doujin album kedua ini, 40mP menampilkan beberapa karya yang paling terkenal, seperti ‘Torinoko City’ dan ‘Mousou Sketch.’

Cover Album (2) Chiisana Jibun to Ookina Sekai - 40mP
Cover Album (2) Chiisana Jibun to Ookina Sekai – 40mP

Chiisana Jibun to Ookina Sekai merupakan album keduanya yang berisi 15 lagu dan dinyanyikan oleh Hatsune Miku dan GUMI. Lagu ‘Karakuri Pierrot’ dan ‘Kiritorisen,’ ditampilkan di album ini.

Cover Album [3] Koufuku Shisuu - 40mP
Cover Album [3] Koufuku Shisuu – 40mP
Doujin Album yang paling ditunggu-tunggu adalah Koufuku Shisuu yang berisi 9 lagu dinyanyikan oleh Hatsune Miku dan GUMI. Salah satu lagu yang terkenal berjudul ‘Shiryoku Kensa’ ada di album ini.

Cover Album [3] Shintai Sokutei - 40mP
Cover Album (3) Shintai Sokutei – 40mP
Kemudian pada tanggal 20 Maret, 2013, 40mP merilis album berjudul Shintai Sokutei yang berisi 15 lagu dan dirilis oleh EXIT TUNES. Lagu-lagu di sini dinyanyikan oleh Hatsune Miku dan GUMI. Ada 6 lagu baru dalam album ini, selain itu album ini juga menduduki peringat ke-16 di Oricon Weekly Sales, pada minggu pertama penjualanan.

Cover Album (4) 41m - 40mP
Cover Album (4) 41m – 40mP

Album ke-4 40mP berjudul 41m yang berisi 11 lagu dan dinyanyikan oleh Hatsune Miku, GUMI dan IA. Album ini dirilis tanggal 17 Agustus, 2014 seharga ¥1,000.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Lagu HoneyWorks Terpopuler
Cover Album (5) Dan Dan Hayaku Naru - 40mP
Cover Album (5) Dan Dan Hayaku Naru – 40mP

Dan Dan Hayaku Naru album ke-5 40mP ini, dinyanyikan oleh Hatsune Miku, GUMI, galaco dan IA, dihargai sebesar ¥2,000.

Cover Album (6) Short Story - 40mP
Cover Album (6) Short Story – 40mP

Album ke-6 yang berjudul Short Story ini dinyanyikan oleh Hatsune Miku, GUMI dan Yuzuki Yukari. Di album ini, ada 2 lagu yang merupakan cover.

Cover Album (7) Shounen to Mahou no Robot VOCALOID BEST, NEW RECORDINGS - 40mP
Cover Album (7) Shounen to Mahou no Robot VOCALOID BEST, NEW RECORDINGS – 40mP

Nah, album yang berjudul Shounen to Mahou no Robot VOCALOID BEST, NEW RECORDINGS merupakan album VOCALOID pertama 40mP, dan album ke-7 40mP. Album ini berisi 16 lagu dan semuanya dinyanyikan oleh Hatsune Miku dan Gumi. Tracknya juga dilengkapi dengan rekaman terbaru The Rainbow Orchestra, selain itu musisi dan aktor terkenal di Jepang yang bernama Fukuyama Masaharu ikut berpartisipasi dalam album ini.

Album terbaru

Cover Album Mint - 40mP
Cover Album Mint – 40mP

Sudah membicarakan beberapa album yang dirilis oleh 40mP, kalau tidak membicarakan album terbarunya, kurang pas gitu, ya.

Jadi, pada tanggal 11 Agustus, 2017, melalui situs resmi inametoru, mengumumkan bahwa 40mP merilis album terbaru yang merupakan kolaborasi bersama Shano yang berjudul Mint. Album ini memiliki 10 lagu, kalian bisa mendengarkan short ver. dari semua lagunya, di bawah ini.

Info Terbaru

Doubutsu! Yooidon - Chiku☆Tamu
Doubutsu! Yooidon – Chiku☆Tamu

Kalian tahu Anime Kemono Friends, ‘kan? Pada tanggal 9 September, 40mP mengumumkan bahwa dia bertanggung jawab untuk memproduksi lagu untuk Anime tersebut, yang berjudul ‘Doubutsu! Yoidon’ dan dinyanyikan oleh Chiku☆Tamu.

Single yang berjudul Doubutsu! Yooidon dirilis tanggal 4 Oktober seharga ¥2,000. Track dalam single ini ada 3 yaitu: Doubutsu! Yooidon!, ZOO dan Doubutusu! Yooidon! versi off vocal.

Baiklah semuanya, cukup panjang ya informasinya! Cukup sekian untuk hari ini info tentang produser 40mP. Untuk produser-produser lainnya, kita lihat saja, ya!

Sampai jumpa, semuanya!

kenalan yukk dengan salah satu Produser Vocaloid yang terkenal – 40MeterP
Berikan Rating Berita/Review Kami

Silahkan Berkomentar :